Rabu, 02 Desember 2009


THE “PaluGada” CONCEPT

Kalangan surfer internet pasti sudah hapal betul dengan situs web yang satu ini… Amazon.com, sebuah perusahaan web yang beralamatkan di seattle, amerika. Situs web ini didirikan pada tahun 1994 namun baru    resmi launching secara online pada tahun 2005. Pendirinya Jeffrey P. Bezos, seorang sarjana ilmu computer dan teknik listrik lulusan Princeton university. Awalnya ia pernah bekerja di Wall Street di bagian yang berhubungan dengan computer.. Setelah di Wall Street dia sempat pindah kerja ke D.E. Shaw & Co. dan akhirnya mendirikan Amazon.com. Saat ini ini karyawannya di seluruh dunia mencapai 14000 orang Amazon.com adalah sebuah situs web yang menawarkan berbagai macam produk dengan harga yang kompetitif dan jangkauan yang super luas.  Mengapa dinamakan amazon.com, karena Jeff ingin perusahaannya seperti sungai Amazon yang mampu menampung 20% air bersih dunia. Jadi ia mengharapkan perusahaan ini kelak akan menjadi perusahaan yang menguasai 20% pasar dunia.  Dan sekarang impian itu tinggal menunggu waktu.  Saat ini coverage Amazon melintasi 5 benua dan multi bangsa dengan item produk yang mencapai puluhan ribu lebih, semua item produk itu dapat dipesan oleh pelanggan Amazon di seluruh dunia. Bayangkan item produk yang dimiliki oleh amazon, mungkin amazon pada saat itu satu2nya perusahaan yang menjual item terbanyak di seluruh dunia. Pada awalnya amazon.com hanyalah situs yang menjual buku secara online, namun diversifikasi dengan cepat dilakukan amazon dengan menjual produk-produk lain seperti DVD, kaset, CD music bahkan pelelangan berbagai produk. Bagaimana mereka bisa berkembang dengan begitu pesat, strategi seperti apa yang jeff bezoz terapkan dalam mengembangkan usaha ini..tentu kita ingin tahu bukan, kalo McDonald dengan system RayCroc dan Hamburger Universitynya, maka Amazon pun memiliki jalan sendiri dalam mengembangkan usaha mereka, salah satunya dengan melakukan Integrated Marketing Communication yang fokus untuk mengendalikan semua bentuk komunikasi yang disebarkan perusahaan kepada publik agar semua informasi itu tidak bertabrakan satu dengan yang lainnya, sehingga akan membuyarkan informasi utama yang ingin disampaikan perusahaan. Amazon.com adalah Perusahaan yang andal dalam menggunakan IMC, dimana perusahaan selalu fokus dalam menyediakan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggannya masing-masing. Kebutuhan pelanggan berbeda dan mereka semua bisa mendapatkan informasi yang relevan dengan kebutuhan mereka.
Situs Amazon.com menyediakan halaman personal berisi produk-produk yang relevan dengan produk-produk yang pernah dibeli kepada semua pelanggannya. Ini bisa dilakukan karena adanya teknologi canggih yang mengelola database pelanggan secara baik dan updated. Selain itu, mereka juga mengirimkan e-mail personal mengenai perjanjian atau produk-produk baru yang mempunyai kemiripan dengan produk yang pernah dibeli oleh sang pelanggan. Amazon.com juga menawarkan kepada para blogger sebuah peluang untuk bisa mencantumkan daftar tentang buku atau review buku di blog mereka masing-masing. Pokoknya semua kebutuhan kita dan yang akan kita butuhkan nanti telah disediakan oleh amazon.com dengan mengidentifikasi kebutuhan kita melalui produk yang pernah kita beli. Hebat bukan!..,
nah berkaca dari Amazon.com, Bang jeki jadi ingat teman bangk jeki yang namanya pa'ul, pria keturunan batak yang pandai bergaul dan juga pandai ngecap, ia selalu mempunyai informasi tentang apa yang kita butuhkan, mulai dari informasi tentang badut untuk ultah, catering yang murah, service ac bergaransi, tempat makan yang enak dan ekonomis sampe sedot wc yang nggak bau, semuanya bisa kita dapat dari si pa'ul. Untuk menampung data basenya si pa'ul selalu menenteng buku telpon dan alamat “rekanannya” itu, ia juga melengkapai hpnya dengan memori card berkapasitas besar untuk menampung semua data klien dan rekanannya. Itu semua adalah salah satu cara yang pa'ul lakukan dalam meberikan layanan informasi kepada para kliennya. Uniknya lagi klien si pa'ul lintas sektoral dan lintas usia, mulai dari anak SD sampe kalangan pria dewasa, mulai dari tukang Koran, ibu rumah tangga sampe pejabat kelurahan. Pokoknya pa'ul cukup populer di lingkungannya karena kepiawaiannya dalam mendapatkan dan mengelola informasi yang dia miliki. Wajar aja kalo si pa'ul dijuluki orang “PaluGada” yang berarti Pa lo mau Gue ada, persis kayak amazon bukan..(maksa banget yah), walaupun mungkin konteks dan dimensinya sangat berbeda..tapi paling tidak pa'ul memiliki semangat dan intuisi dalam menangkap peluang, yaitu menjual suatu produk tanpa harus memiliki produk tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar